Apa Itu Wipe Data di Smartphone?
Apa Itu Wipe Data di Smartphone?

Apa Itu Wipe Data di Smartphone? Ini Penjelasan, Fungsi dan Caranya

Carahpku.com – Pasti kalian pernah kan menjumpai istilah Wipe Data? Biasanya istilah ini muncul pada sebagian besar HP Android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme dll.

Bagi sebagian orang mungkin istilah wipe data ini asing terdengar. Biasanya istilah wipe data muncul ketika kita akan melakukan reset semua data atau mengembalikan device ke setelan pabrik.

Lalu apa sebenarnya wipe data ini? Apa manfaatnya dan bagaimana cara melakukannya? Buat kamu yang penasaran langsung aja yuk simak pembahasan kami dibawah ini.

Wipe Data Artinya Apa?

Bagi yang belum tau, jadi Wipe Data atau di sebagian perangkat disebut Factory Reset merupakan sebuah proses untuk menghapus keseluruhan data dan oengaturan di HP atau device anda ke setelan pabrik.

Jadi nantinya semua data yang ada di HP mu seperti aplikasi terinstal, kontak HP, foto, video dll akan terhapus secara permanen dan sistem HP mu akan nampak seperti baru kembali.

Karena nantinya semua data akan dihapus, oleh karena itu wajib sebelum melakukan wipe data kita harus mencadangkan atau backup semua data penting yang memungkinkan untuk dibackup agar dapat kita pulihkan nantinya.

Kegunaan Wipe Data

Proses wipe data biasanya dilakukan orang karena beberapa alasan. Berikut beberapa fungsi atau kegunaan dilakukannya wipe data:

  1. Mengatasi problem di HP: Dengan melakukan wipe data, HP kita akan dikembalikan ke setelan pabrik. Hal ini dapat mengatasi masalah HP yang mengalami error, bootloop, lag, hingga lemot.
  2. Menghapus semua data pribadi sebelum di jual: Sebelum menjual atau memberikan ponsel kita biasanya kita harus mengosongkan semua data pribadi yang ada di dalam HP kita. Agar prosesnya lebih cepat kita bisa melakukan wipe data sehingga semua data di HP kita bisa dibersihkan dengan mudah dan cepat.

Baca: Cara Membuat Nama di Layar Kunci HP Xiaomi

Yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Wipe Data

Sebelum melakukan peoses wipe data, beberapa hal berikut perlu kamu ketahui sehingga tidak terjadi hal-hal yang merugikan.

  1. Wipe data akan menghapus semua data di ponsel mu seperti aplikasi terinstal, kontak, foto, video dll yang tersimpan di memory internal.
  2. Wipe data tidak menghapus data yang ada didalam kartu SD.
  3. Kamu perlu menginstal kembali aplikasi yang pernah terinstal karena wipe data akan menghapus semua aplikasi kecuali bawaan.
  4. Semua versi aplikasi bawaan akan dikembalikan ke setelan awal.
  5. Cadangkan atau backup dulubsemua data oenting di ponsel mu sebelum nelakukan wipe data.

Cara Melakukan Wipe Data di HP

Untuk cara melakukan wipe data di berbagai merek HP berbeda. Akan tetapi caranya tidak jauh berbeda seperti panduan berikut:

  1. Buka “Pengaturan”.
  2. Masuk ke menu “Sistem” atau “Manajemen Umum”.
  3. Pilih opsi “Reset”.
  4. Pilih opsi “Wipe Data”.
  5. Ikuti proses nya sesuai instruksi yang di berikan.
  6. Tunggu hingga proses wipe data selesai.
  7. Jika prosesnya selesai, otomatis kamu akan di bawa pada tampilan awal saat ponsel baru di aktifkan.

Baca: Cara Hapus Pencarian Play Store Terbaru

Akhir Kata

Itulah tadi sedikit pembahasan kami tentang pengertian dari wipe data sekaligus fungsi dan cara melakukannya.

Pada dasarnya proses wipe data adalah proses yang bermanfaat untuk menyelesaikan berbagai masalah pada HP kita. Namun, penting kalian ingat bahwa proses ini akan menghapus semua data dan pengaturan dari HP mu. Pastikan kamu telah memahami risiko dan manfaatnya sebelum melakukan wipe data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *